NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI Nasi Tempong Mbok Nah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI

Allow, selamat siang, artikel ini akan menjelaskan tentang nasi tempong mbok nah kabupaten banyuwangi jawa timur NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI simak selengkapnya 



Nasi Tempong, kuliner khas Banyuwangi.

Salah eka kuliner popular Banyuwangi adalah Nasi Tempong atau warga lokal menyebutnya Sego Tempong

Mencari sego tempong tak sulit, karena hampir sarwa alam di Banyuwangi terdapat barung-barung yang mempersiapkan menu ini. Memang umumnya nasi tempong dijual di warung-warung dan depot kecil, tak aneh karena  konsumsi ini benar sangat merakyat. Sebagian penjual nasi tempong mulai buka magrib yaum berbatas menjelang ketika malam. Namun siap juga yang buka mulai cepat yaum berbatas malam.

Konon di zaman dahulu nasi tempong adalah konsumsi yang biasa disantap para orang tani di sawah. Nasi dengan lauk elementer itu sebagai pengisi perut para orang tani yang pernah bekerja keras di kebun ataupun ladang. Namun, entah bagaimana awal mulanya, konsumsi yang dulu biasa dikosnumsi orang tani di ketika sawah, kini malah “naik kasta”. Lantaran, nasi tempong dikonsumsi asosiasi umum dari berbagai kalangan, dan dijual di warung-warung yang bertebaran di berbagai sudut kota. 

APA ITU NASI TEMPONG



Menu nasi tempong terdiri dari sepiring nasi panas, sayuran rebus plus gorengan tahu, tempe, payau budu} asin dan dadar jagung, yang dilengkapi sambal mentah yang hebat pedas.  Ada berlimpah model sayur yang digunakan: genjer, kubis, bin panjang, terung, bayam, kangkung, sawi, selada, daun singkong, daun pepaya, ditambah daun kemangi segar dan irisan timun.  Sedangkan pilihan lauknya bisa berupa: ayam, empal,ikan laut, telur, banyak sea food, jeroan, pepes, botok tawon, lele, isi perut dll.

Keistimewaan nasi tempong malah terwalak pada sajian sambalnya yang khas, karena diracik secara khusus. Yaitu memanfaatkan bahan yang serba-serbi aneka macam mentah : Cabai rawit, tomat ranti (Solanum lycopersicum) yaitu model tomat yang permukaannya bergelombang, gula pasir, terasi, garam dan tak lupa air sitrus lemon ( orang-orang disini menyebutnya sitrus sambel) yang  menggugah selera. 

Tomat ranti bahan sambel nasi tempong banyuwangi
Ranti

Orang Banyuwangi melisankan ranti ini sebagai bagian dari tomat sayur, sedangkan tomat pada umumnya yang kulitnya halus sebagai tomat buah. Bedanya dengan tomat pada umumnya, ranti ini tak “lengur” (bhs. Jawa) kalau dibikin sambal tanpa dimasak. Bijinya ranti ini juga bertambah banyak, dibanding tomat model lain. Namun apabila akan digunakan sambal, biasanya bijinya dibersihkan, hanya kulit dan dagingnya yang dipakai.

Tomat Ranti bikin sambal Nasi Tempong makin nendang.

Saking pedasnya, anak buah yang habis menyatap nasi sambal ini bagai di-Tempong (ditampar ataupun ditempeleng). Tentu saja ini definisi alegori yang menggambarkan cerapan menanggung berbisa yang ditimbulkan dari sambalnya, bagai serasa di tempeleng ataupun ditampar wajahnya, panas. Dari sinilah berbentuk istilah “Nasi Tempong” yang membuat penyuka konsumsi berbisa menjadi ketagihan.

Sego Tempong Mbok Wah

Dimana memperoleh nasi tempong ?

Warung penjual nasi tempong yang terkenal  di antaranya :

- Warung Nasi Tempong Sukowidi hak mbak Sumiyati yang akrab dipanggil mbak Sum, lokasinya tak jauh dari lampu ahmar Sukowidi. Ciri khasnya terwalak pada nasinya yang di masak dengan kukusan, dan sambelnya memanfaatkan petis berbahan alur (sungai) teri nasi.

- Warung Mbak Sum yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ( selatan Bank BRI ) Banyuwangi, katanya kabarnya  dari sinilah konsep kuliner sego tempong bermula.

- Warung Buk Nah di alun-alun Kertosari saban yaum pengunjungnya juga bahenol bersama siap yang berawal dari luar kota bisa terlihat dari plat oto yang parkir bernomer luar kota.

- Nasi tempong Mbak Nah di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi, yang buka mulai pk 14.00 berbatas ketika malam.

- Warung nasi tempong hak Holisa yang siap di Jl. Thamrin yang jabatan) sebagian asas rumah  sebagai ruang berjualan.

- Nasi tempong Mak Wah, ambang stasiun Karangasem.

- Di alun-alun Bakungan, Glagah, siap barung-barung Mbok Wah.

- Di Genteng siap nasi tempong bu Sulik yang terwalak di dekat  pertigaan lampu ahmar Genteng Wetan yang buka cepat berbatas sore.

- Nasi tempong Bu Ham Padang di Singojuruh.

- Di Benculuk siap nasi tempong Mbak Har yang mulai berjualan mulai magrib yaum di jalan besar Benculuk. 

- Di jalan Gatot Subroto Ketapang siap barung-barung nasi tempong mbok Titin.



Itulah sebagian kecil dari barung-barung yang mempersiapkan menu Nasi Tempong alias Sego Tempong. Pada dasarnya di saban alam Kabupaten Banyuwangi dengan mudah kita bisa mendapati barung-barung ataupun rumah makan yang mempersiapkan menu Nasi Tempong.

oke penjelasan mengenai NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

Artikel ini diposting pada label , tanggal 12-09-2019, di kutip dari http://www.banyuwangibagus.com/2013/09/nasi-tempong-alias-sego-tempong-khas.html

Comments