NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi

NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI

Hohoho, selamat siang, sesi kali ini akan membahas mengenai resep nasi tempong khas banyuwangi NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI simak selengkapnya 



Nasi Tempong, kuliner khas Banyuwangi.

Salah ahad kuliner popular Banyuwangi merupakan Nasi Tempong atau warga lokal menyebutnya Sego Tempong

Mencari sego tempong tidak sulit, atas hampir semua wilayah di Banyuwangi ada denai yang mencadangkan menu ini. Memang umumnya nasi tempong dijual di warung-warung dengan depot kecil, tidak aneh karena  konsumsi ini tentu sangat merakyat. Sebagian penjual nasi tempong berangkat buka burit musim cukup menjelang antara malam. Namun siap juga yang buka berangkat pagi musim cukup malam.

Konon di zaman dahulu nasi tempong merupakan konsumsi yang biasa disantap getah perca pekebun di sawah. Nasi dengan lauk elementer itu sebagai pengisi perut getah perca pekebun yang sudah berbicara keras di sawah atau ladang. Namun, barangkali dengan jalan apa awal mulanya, konsumsi yang dahulu biasa dikosnumsi pekebun di antara sawah, kini justru “naik kasta”. Lantaran, nasi tempong dikonsumsi asosiasi awam dari beraneka macam kalangan, dengan dijual di warung-warung yang bertebaran di beraneka macam bucu kota. 

APA ITU NASI TEMPONG



Menu nasi tempong terdiri dari sepiring nasi panas, sayuran menggodok plus gorengan tahu, tempe, lauk -- asin budu payau dengan dadar jagung, yang dilengkapi sambal mentah yang super pedas.  Ada banyak model daun yang digunakan: genjer, kubis, kacang panjang, terung, bayam, kangkung, sawi, selada, patera singkong, patera pepaya, ditambah patera kemangi aktual dengan cuilan timun.  Sedangkan pilihan lauknya bisa berupa: ayam, empal,ikan laut, telur, berbagai macam sea food, jeroan, pepes, botok tawon, lele, jeroan dll.

Keistimewaan nasi tempong justru terwalak atas jambar sambalnya yang khas, atas diracik secara khusus. Yaitu menggunakan bahan yang aneka ragam mentah : Cabai rawit, tomat ranti (Solanum lycopersicum) yaitu model tomat yang permukaannya bergelombang, sakaros pasir, terasi, sira dengan tidak lupa air jeruk limau ( orang-orang disini menyebutnya jeruk sambel) yang  menggugah selera. 

Tomat ranti bahan sambel nasi tempong banyuwangi
Ranti

Orang Banyuwangi melisankan ranti ini sebagai belahan dari tomat sayur, meskipun tomat atas umumnya yang kulitnya halus sebagai tomat buah. Bedanya dengan tomat atas umumnya, ranti ini tidak “lengur” (bhs. Jawa) andaikata dibikin sambal minus dimasak. Bijinya ranti ini juga lebih banyak, dibanding tomat model lain. Namun andaikan akan digunakan sambal, biasanya bijinya dibersihkan, sekadar indra peraba dengan dagingnya yang dipakai.

Tomat Ranti bikin sambal Nasi Tempong makin nendang.

Saking pedasnya, anak buah yang berakhir menyatap nasi sambal ini bagaikan di-Tempong (ditampar atau ditempeleng). Tentu saja ini arti kiasan yang menggambarkan cerapan rasa berbisa yang ditimbulkan dari sambalnya, bagaikan sirih di tempeleng atau ditampar wajahnya, panas. Dari sinilah ada istilah “Nasi Tempong” yang melahirkan penyuka konsumsi berbisa menjadi ketagihan.

Sego Tempong Mbok Wah

Dimana mendapatkan nasi tempong ?

Warung penjual nasi tempong yang terkenal  di antaranya :

- Warung Nasi Tempong Sukowidi milik embak Sumiyati yang akrab dipanggil embak Sum, lokasinya tidak asing dari lampu merah Sukowidi. Ciri khasnya terwalak atas nasinya yang di kempuh dengan kukusan, dengan sambelnya menggunakan belacan berbahan dasar teri nasi.

- Warung Mbak Sum yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ( daksina Bank BRI ) Banyuwangi, kabarnya konon  dari sinilah ide kuliner sego tempong bermula.

- Warung Buk Nah di daerah Kertosari setiap musim pengunjungnya juga padat serta siap yang berasal dari luar metropolitan bisa datang dari diskus mobil yang parkir bernomer luar kota.

- Nasi tempong Mbak Nah di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi, yang buka berangkat pk 14.00 cukup antara malam.

- Warung nasi tempong milik Holisa yang siap di Jl. Thamrin yang menempati sebagian asas rumah  sebagai ruang berjualan.

- Nasi tempong Mak Wah, dekat stasiun Karangasem.

- Di daerah Bakungan, Glagah, siap denai Mbok Wah.

- Di Genteng siap nasi tempong bu Sulik yang terwalak di dekat  pertigaan lampu merah Genteng Wetan yang buka pagi cukup sore.

- Nasi tempong Bu Ham Padang di Singojuruh.

- Di Benculuk siap nasi tempong Mbak Har yang berangkat berjaja berangkat burit musim di jalan raya Benculuk. 

- Di jalan Gatot Subroto Ketapang siap denai nasi tempong embak Titin.



Itulah sebagian halus dari denai yang mencadangkan menu Nasi Tempong nama lain Sego Tempong. Pada dasarnya di setiap wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan mudah saya bisa mendapati denai atau rumah bersiar-siar yang mencadangkan menu Nasi Tempong.

Sekian pembahasan mengenai NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI semoga info ini menambah wawasan salam

tulisan ini diposting pada tag , tanggal 12-09-2019, di kutip dari http://www.banyuwangibagus.com/2013/09/nasi-tempong-alias-sego-tempong-khas.html

Comments